RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BUDI PEKERTI SMP KELAS 7 SEMESTER 1 BAGIAN 4
(RPP
4)
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 4. Memahami
dan menunjukkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan manusia.
Kompetensi Dasar : 4.1 Memiliki
dan mengembangkan sikap toleransi untuk menumbuh-kan cinta dan kasih
sayang.
4.2 Memiliki kebersamaan dan
gotong royong serta memiliki rasa setia kawan.
Indikator : 1.
Menunjukkan sukap dan perilaku toleransi terhadap sesama.
2. Menunjukkan
rasa cinta dan kasih sayang terhadap sesama.
3. Melakukan
berbagai kegiatan secara gotong royong demi kebersamaan hidup.
4. Menunjukkan
sikap setia kawan terhadap sesama.
Materi
Pokok : 1.
Pengerian dan batas batas toleransi
2.
Pengertian gotong royomg
Alokasi Waktu : 1
X 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat mempunyai sikap dan perilaku toleransi terhadap sesama.
- Siswa memiliki rasa cinta dan kasih sayang terhadap sesama.
- Siswa dapat melakukan berbagai kegiatan secara gotong royong demi kebersamaan hidup.
- Mengembangkan sikap toleransi.
- Hidup gotong royong dalam masyarakat.
- Tolong menolong antar sesama manusia.
- Rasa setia kawan terhadap sesama.
Nilai nilai
yang dikembangkan :
- Demokratis
- Menghargai pendapat orang lain
- Pengabdian
- Semangat kebersamaan
C.
Metoda :
- Ceramah
- Diskusi
- Pemodelan
D.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
-
NOKegiatan BelajarWaktu1.
2.
3.Kegiatan Awal- Mengkondisikan siswa untuk siap menerima materi
- Mengarahkan siswa supaya tidak membedakan antara agama
- Siswa berkelompok
Kegiatan inti- Siswa mengembangkan sikap toleransi lewat kelompok tersebut
- Menunjuk siswa untuk memberi contoh kepada temannya tentang perbuatan yang baik yang berkaitan dengan toleransi dan gotong royong
- Setiap wakil dari kelompok menunjukkan keteladanan perbuatan yang ada kaitannya dengan sikap toleransi dan sikap gotong royong
Kegiatan Akhir- Siswa bersama guru menyimpulkan keteladanan sikap toleransi dan hidup gotong royong
- Siswa dan guru memetik nilai-nilai yang positif yang sudah menjadi tauladan dari sikap hidup toleransi dan gotong royong
5 menit
30 menit
5 menit
- Sumber Pelajaran
- Buku Pedoman Budi Pekerti Buku I
- Buku Pedoman Budi Pekerti Buku II
- Penilaian
1.
Teknik :
Tes tulis
2.
Bentuk
/Instrumen : Uraian
3.
Soal/Insrtumen :
- Apa yang dimaksud dengan toleransi beragama ?
- Bagaimana sikapmu bila kamu bertamu ke rumah orang dan pada sa’at itu kamu
- Tahu bahwa orang tersebut harus melakukan kewajiban beribadah
- Bagaimana sikapmu bertemu teman yang kecelakaan sedang waktu masuk sudah mepet.
- Bagaimana sikapmu kalau ketemu orang tua yang mau menyeberang
Kriteria
Penilaian
-
NoAspek yang dinilaiSkor123Tepat dan jelasTepat atau jelas (salah satu)Tidak menjawab210
Nilai
= x
100
Kunci
Jawaban :
- Saling menghormati agama yang satu dengan yang lain
- Segera pamitan pulang
- Menolong teman dulu sesudh tiba di sekolah menjelaskan kenapa terlambat
- Membantu menyeberangkan orang tua tersebut
Mengetahui
Kepala
SMP..................
...........................................
NIP.
|
Blitar,
....................................
Guru
Mata Pelajaran
............................................
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar