Jumat, 26 April 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UDI PEKERTI (RPP BUDI PEKERTI) SMP KELAS 7 SEMESTER 1 BAGIAN 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BUDI PEKERTI SMP KELAS 7 SEMESTER 1 BAGIAN 4
(RPP 4)

Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 4. Memahami dan menunjukkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan manusia.
Kompetensi Dasar : 4.1 Memiliki dan mengembangkan sikap toleransi untuk menumbuh-kan cinta dan kasih sayang.
4.2 Memiliki kebersamaan dan gotong royong serta memiliki rasa setia kawan.
Indikator : 1. Menunjukkan sukap dan perilaku toleransi terhadap sesama.
2. Menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang terhadap sesama.
3. Melakukan berbagai kegiatan secara gotong royong demi kebersamaan hidup.
4. Menunjukkan sikap setia kawan terhadap sesama.
Materi Pokok : 1. Pengerian dan batas batas toleransi
2. Pengertian gotong royomg
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran :
  1. Siswa dapat mempunyai sikap dan perilaku toleransi terhadap sesama.
  2. Siswa memiliki rasa cinta dan kasih sayang terhadap sesama.
  3. Siswa dapat melakukan berbagai kegiatan secara gotong royong demi kebersamaan hidup.

B. Materi Pembelajaran:
  1. Mengembangkan sikap toleransi.
  2. Hidup gotong royong dalam masyarakat.
  3. Tolong menolong antar sesama manusia.
  4. Rasa setia kawan terhadap sesama.

Nilai nilai yang dikembangkan :
  1. Demokratis
  2. Menghargai pendapat orang lain
  3. Pengabdian
  4. Semangat kebersamaan

C. Metoda :
  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Pemodelan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
1.



2.






3.
Kegiatan Awal
  1. Mengkondisikan siswa untuk siap menerima materi
  2. Mengarahkan siswa supaya tidak membedakan antara agama
  3. Siswa berkelompok
Kegiatan inti
  1. Siswa mengembangkan sikap toleransi lewat kelompok tersebut
  2. Menunjuk siswa untuk memberi contoh kepada temannya tentang perbuatan yang baik yang berkaitan dengan toleransi dan gotong royong
  3. Setiap wakil dari kelompok menunjukkan keteladanan perbuatan yang ada kaitannya dengan sikap toleransi dan sikap gotong royong
Kegiatan Akhir
  1. Siswa bersama guru menyimpulkan keteladanan sikap toleransi dan hidup gotong royong
  2. Siswa dan guru memetik nilai-nilai yang positif yang sudah menjadi tauladan dari sikap hidup toleransi dan gotong royong

5 menit



30 menit






5 menit

  1. Sumber Pelajaran
  • Buku Pedoman Budi Pekerti Buku I
  • Buku Pedoman Budi Pekerti Buku II

  1. Penilaian
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk /Instrumen : Uraian
3. Soal/Insrtumen :
  1. Apa yang dimaksud dengan toleransi beragama ?
  2. Bagaimana sikapmu bila kamu bertamu ke rumah orang dan pada sa’at itu kamu
  3. Tahu bahwa orang tersebut harus melakukan kewajiban beribadah
  4. Bagaimana sikapmu bertemu teman yang kecelakaan sedang waktu masuk sudah mepet.
  5. Bagaimana sikapmu kalau ketemu orang tua yang mau menyeberang
Kriteria Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
Tepat dan jelas
Tepat atau jelas (salah satu)
Tidak menjawab
2
1
0


Nilai = x 100
Kunci Jawaban :
  1. Saling menghormati agama yang satu dengan yang lain
  2. Segera pamitan pulang
  3. Menolong teman dulu sesudh tiba di sekolah menjelaskan kenapa terlambat
  4. Membantu menyeberangkan orang tua tersebut


Mengetahui
Kepala SMP..................





...........................................
NIP.
Blitar, ....................................
Guru Mata Pelajaran





............................................
NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar