Jumat, 26 April 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BUDI PEKERTI SMP KELAS 7 Semester 1 Bagian 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BUDI PEKERTI SMP KELAS 7 SEMESTER 1
(RPP 2)

Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : Memahami dan menerapkan nilai nilai hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa
Kompetensi Dasar : 2.1. Meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa
Indikator : 1. Mampu menyebutkan nilai-nilai agama yang dianut dengan benar
2. Melaksanakan sikap dan perilaku yang mencerminkan keyakinan adanya Tuhan Yang Maha Esa
3. Melaksanakan sikap dan perilaku yang mencerminkan kepatuhan menjalankan perintah Agama
Materi Pokok : 1. Arti pentingnya agama dalam hubungan manusia dengan Tuhannya
2. Percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
3. Mentaati ajaran agama dan menjalankannya
Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit ( 2 X Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar selesai, diharapkan siswa dapat :
  • Menyebutkan nilai-nilai agama yang dianut dengan benar
  • Melaksanakan sikap dan perilaku yang mencerminkan keyakinan adanya Tuhan Yang Maha Esa
  • Menunjukkan sikap dan perilaku yang mencerminkan kepatuhan menjalankan perintah agama


B. Materi Pembelajaran:
  1. Pengertian pentingnya agama dalam hubungan manusia dengan Tuhannya
  2. Contoh-contoh sikap percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Menaati ajaran agama dan menjalankannya

C. Metoda : Ceramah,diskusi, Pemodelan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
1.




2.






3.
Pendahuluan
a. Apersepsi
Penjajakan kesiapan sisw dalam mengikuti pelajaran
Mengabsen siswa
b. Pre test
Kegiatan inti
  1. Secara berkelompok siswa menyebutkan nilai-nilai agama yang benar sesuai dengan ajaran agama yang dianut
  2. Secara berkelompok siswa mengidentifikasi sikap dan perilaku yang mencerminkan keyakinan adanya Tuhan Yang Maha Esa
  3. Secara berkelompok siswa memberikan contoh-contoh sikap dan perilaku yang mencerminkan kepatuhan menjalankan perintah agama
Kegiatan Penutup
Penugasan
5 menit




30 menit






5 menit
Pertemuan Ke-2
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
1.


2.


3.
Pendahuluan
  • Apersepsi
Kegiatan inti
Presentasi perkelompok menyampaikan hasil kerja kelompoknya

Kegiatan Penutup
  1. Kesimpulan
  2. Post Test
5 menit


30 menit


5 menit

  1. Sumber Pelajaran
  • Buku Pedoman Budi Pekerti Buku I
  • LKS Budi Pekerti

  1. Penilaian
    1. Teknik : Tertulis tes skala sikap
Penilaian sikap
      1. Bentuk : Quesioner (soal tanya jawab)
Jawaban bentul salah

SOAL:
No
Uraian Soal
B
S
1

2
3
4

5

6
7
8

9

10
Keimanan perlu dibina dan ditumbuhkembangkan sesuai keyakinan agama masing-masing
Pemeluk agama wajib melakukan sholat tepat waktu
Siswa siswi wajib menjaga benda-benda dilingkungan sekolah
Ketakwaan merupakan cerminan dari nilai keimanan berupa perilaku yang terwujud dalam menjalankan perintah agama
Manusia hendaknya bersikap dan perilaku tidak berbohong, berani rela berkorban demi kebenaran serta mengakui kesalahan
Kejujuran menjadi sikap dan perilaku yang tegas yang harus dilaksanakan
Rela berkorban wajib dilaksakanak semua makhluk hidup
Sikap saling menghargai dan saling memaafkan adlah salah satu contoh suasana demokratis yang memberi pengaruh pada pengembangan budi pekerti
Sikap empati dan saling menasehati, saling mengingatkan, saling menyayangi, saling melindungi adalah pembiasaan peduli pada sesama
Sifat iri adalah sifat yang dimurkai Allah SWT



Rubrik Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

Betul semua
Salah Satu
Salah dua
Salah tiga
Salah empat
Salah lima
Salah enam
Salah tujuh
Salah delapan
Salah sembilan
Salah semua

100
90
80
70
60
50
40
30
20
10
0



Nilai = x 100%


Kunci Jawaban :
No. 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 9, 10 = B
No. 6 = S




Mengetahui
Kepala SMP..................





...........................................
NIP.
Blitar, ....................................
Guru Mata Pelajaran





............................................
NIP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar