RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BUDI PEKERTI SMP KELAS 7 SEMESTER 1
(RPP
2)
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : Memahami
dan menerapkan nilai nilai hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha
Esa
Kompetensi Dasar : 2.1.
Meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa
Indikator : 1.
Mampu menyebutkan nilai-nilai agama yang dianut dengan benar
2. Melaksanakan
sikap dan perilaku yang mencerminkan keyakinan adanya Tuhan Yang Maha
Esa
3.
Melaksanakan sikap dan perilaku yang mencerminkan kepatuhan
menjalankan perintah Agama
Materi Pokok :
1. Arti pentingnya agama dalam hubungan manusia dengan Tuhannya
2. Percaya dan
takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
3. Mentaati
ajaran agama dan menjalankannya
Alokasi Waktu : 2
X 40
Menit ( 2
X Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
kegiatan belajar selesai, diharapkan siswa dapat :
- Menyebutkan nilai-nilai agama yang dianut dengan benar
- Melaksanakan sikap dan perilaku yang mencerminkan keyakinan adanya Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukkan sikap dan perilaku yang mencerminkan kepatuhan menjalankan perintah agama
B.
Materi Pembelajaran:
- Pengertian pentingnya agama dalam hubungan manusia dengan Tuhannya
- Contoh-contoh sikap percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menaati ajaran agama dan menjalankannya
C.
Metoda : Ceramah,diskusi,
Pemodelan
D.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
-
NOKegiatan BelajarWaktu1.
2.
3.Pendahuluana. ApersepsiPenjajakan kesiapan sisw dalam mengikuti pelajaranMengabsen siswab. Pre testKegiatan inti- Secara berkelompok siswa menyebutkan nilai-nilai agama yang benar sesuai dengan ajaran agama yang dianut
- Secara berkelompok siswa mengidentifikasi sikap dan perilaku yang mencerminkan keyakinan adanya Tuhan Yang Maha Esa
- Secara berkelompok siswa memberikan contoh-contoh sikap dan perilaku yang mencerminkan kepatuhan menjalankan perintah agama
Kegiatan PenutupPenugasan5 menit
30 menit
5 menit
Pertemuan
Ke-2
-
NOKegiatan BelajarWaktu1.
2.
3.Pendahuluan- Apersepsi
Kegiatan intiPresentasi perkelompok menyampaikan hasil kerja kelompoknya
Kegiatan Penutup- Kesimpulan
- Post Test
5 menit
30 menit
5 menit
- Sumber Pelajaran
- Buku Pedoman Budi Pekerti Buku I
- LKS Budi Pekerti
- Penilaian
- Teknik : Tertulis tes skala sikap
Penilaian
sikap
- Bentuk : Quesioner (soal tanya jawab)
Jawaban
bentul salah
SOAL:
-
NoUraian SoalBS1
234
5
678
9
10Keimanan perlu dibina dan ditumbuhkembangkan sesuai keyakinan agama masing-masingPemeluk agama wajib melakukan sholat tepat waktuSiswa siswi wajib menjaga benda-benda dilingkungan sekolahKetakwaan merupakan cerminan dari nilai keimanan berupa perilaku yang terwujud dalam menjalankan perintah agamaManusia hendaknya bersikap dan perilaku tidak berbohong, berani rela berkorban demi kebenaran serta mengakui kesalahanKejujuran menjadi sikap dan perilaku yang tegas yang harus dilaksanakanRela berkorban wajib dilaksakanak semua makhluk hidupSikap saling menghargai dan saling memaafkan adlah salah satu contoh suasana demokratis yang memberi pengaruh pada pengembangan budi pekertiSikap empati dan saling menasehati, saling mengingatkan, saling menyayangi, saling melindungi adalah pembiasaan peduli pada sesamaSifat iri adalah sifat yang dimurkai Allah SWT
Rubrik
Penilaian
-
NoAspek yang dinilaiSkor1234567891011
Betul semuaSalah SatuSalah duaSalah tigaSalah empatSalah limaSalah enamSalah tujuhSalah delapanSalah sembilanSalah semua
1009080706050403020100
Nilai
= x
100%
Kunci Jawaban :
No. 1, 2, 3, 4,
5, 7, 8, 9, 10 = B
No. 6 = S
Mengetahui
Kepala
SMP..................
...........................................
NIP.
|
Blitar,
....................................
Guru
Mata Pelajaran
............................................
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar