Jumat, 26 April 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BUDI PEKERTI (RPP BUDI PEKERTI) SMP KELAS 7 SEMESTER 1 BAGIAN 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 BUDI PEKERTI SMP KELAS 7 SEMESTER 1 BAGIAN 3
(RPP 3)

Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : Memahami Potensi Diri Sendiri
Kompetensi Dasar : Memiliki rasa menghargai dirinya sendiri serta memiliki tata krama dan sopan santun
Indikator : 3.1 Menemukan kekurangan dan kelebihan pada dirinya
3.2 Menunjukkan sikap tata krama dan sopan santun dalam pergaulan
Materi Pokok : 1. Kekurangan dan kelebihan diri sendiri
2. Tata krama dan etika sopan santun
Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit ( 1 X Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah kegiatan belajar selesai, diharapkan siswa dapat :
  • Menemukan kekurangan dan kelebihan pada dirinya sendiri
  • Menunjukkan sikap tata krama dan sopan santun dalam pergaulan


B. Materi Pembelajaran:
3.1 Menemukan kekurangan dan kelebihan pada dirinya
3.2 Menunjukkan sikap tata krama dan sopan santun dalam pergaulan

C. Metoda :
Ceramah
Diskusi
Pemodelan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
1.






2.






3.
Kegiatan Awal
  1. Mengkondisikan siswa untuk siap menerima materi pelajaran
  2. Mengarahkan siswa untuk memperhatikan keterangan guru masalah kelebihan dan kekurangan diri sendiri dalam tata krama dan etika sopan santun
  3. Siswa membentuk kelompok
Mengabsen siswa
Kegiatan inti
  1. Siswa secara berkelompok untuk mencari kelebihan dan kekurangan atas dirinya masing-masing
  2. Setiap kelompok berdiskusi membahas masalah kekurangan dan kelebihan masing-masing dengan tata krama dan etika sopan santun
  3. Tanya jawab tentang kekurangan dan kelebihan diri sendiri dalam tata krama dan etika sopan santun
Kegiatan Akhir
  1. Siswa bersama guru menyimpulkan tentang kekurangan dan kelebihan diri
  2. Siswa dan guru memetik nilai-nilai yang positif dari kekurangan dan kelebihan diri sendiri dalam tata krama dan etika pergaulan
5 menit






30 menit






5 menit
E. Sumber Pelajaran
  • Buku Pedoman Budi Pekerti Buku I
  • Buku Pedoman Budi Pekerti Buku II

F. Penilaian
    1. Teknik : Tes tulis
    2. Bentuk /Instrumen : Uraian
    3. Soal/Insrtumen :

    1. Tuliskan kekurangan dan kelebihan dari pribadi seseorang
Masing masing 5
      1. Apa pengertian tata krama dan etika dalam pergaulan

Pedoman penilaian
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2


0 =10
0 - 10




Nilai = x 100


Kunci Jawaban :
  1. Kekurangan misalnya : minder, sombong, dll
Kelebihan misalnya : pandai, suka menolong, dll
Fleksibel sesuai dengan kelebihan dan kekurangan masing siswa)
  1. Tata krama dan etika adalah aturan/kaidah/norma yang berlaku di masyarakat seperti sopan santun yang harus dipatuhi




Mengetahui
Kepala SMP..................





...........................................
NIP.
Blitar, ....................................
Guru Mata Pelajaran





............................................
NIP.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar