RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BUDI PEKERTI SMP KELAS 7 SEMESTER 1 BAGIAN 3
(RPP
3)
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : Memahami
Potensi Diri Sendiri
Kompetensi Dasar : Memiliki rasa
menghargai dirinya sendiri serta memiliki tata
krama dan sopan santun
Indikator : 3.1
Menemukan kekurangan dan kelebihan pada dirinya
3.2
Menunjukkan sikap tata krama dan sopan santun dalam pergaulan
Materi Pokok :
1. Kekurangan
dan kelebihan diri sendiri
2.
Tata krama dan etika sopan santun
Alokasi Waktu : 1
X 45
Menit ( 1
X Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah
kegiatan belajar selesai, diharapkan siswa dapat :
- Menemukan kekurangan dan kelebihan pada dirinya sendiri
- Menunjukkan sikap tata krama dan sopan santun dalam pergaulan
B.
Materi Pembelajaran:
3.1 Menemukan kekurangan dan
kelebihan pada dirinya
3.2 Menunjukkan sikap tata krama
dan sopan santun dalam pergaulan
C.
Metoda :
Ceramah
Diskusi
Pemodelan
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
-
NOKegiatan BelajarWaktu1.
2.
3.Kegiatan Awal- Mengkondisikan siswa untuk siap menerima materi pelajaran
- Mengarahkan siswa untuk memperhatikan keterangan guru masalah kelebihan dan kekurangan diri sendiri dalam tata krama dan etika sopan santun
- Siswa membentuk kelompok
Mengabsen siswaKegiatan inti- Siswa secara berkelompok untuk mencari kelebihan dan kekurangan atas dirinya masing-masing
- Setiap kelompok berdiskusi membahas masalah kekurangan dan kelebihan masing-masing dengan tata krama dan etika sopan santun
- Tanya jawab tentang kekurangan dan kelebihan diri sendiri dalam tata krama dan etika sopan santun
Kegiatan Akhir- Siswa bersama guru menyimpulkan tentang kekurangan dan kelebihan diri
- Siswa dan guru memetik nilai-nilai yang positif dari kekurangan dan kelebihan diri sendiri dalam tata krama dan etika pergaulan
5 menit
30 menit
5 menit
E. Sumber
Pelajaran
- Buku Pedoman Budi Pekerti Buku I
- Buku Pedoman Budi Pekerti Buku II
F. Penilaian
- Teknik : Tes tulis
- Bentuk /Instrumen : Uraian
- Soal/Insrtumen :
- Tuliskan kekurangan dan kelebihan dari pribadi seseorang
Masing
masing 5
- Apa pengertian tata krama dan etika dalam pergaulan
Pedoman
penilaian
-
NoAspek yang dinilaiSkor12
0 =100 - 10
Nilai
= x
100
Kunci Jawaban :
- Kekurangan misalnya : minder, sombong, dll
Kelebihan
misalnya : pandai, suka menolong, dll
Fleksibel
sesuai dengan kelebihan dan kekurangan masing siswa)
- Tata krama dan etika adalah aturan/kaidah/norma yang berlaku di masyarakat seperti sopan santun yang harus dipatuhi
Mengetahui
Kepala
SMP..................
...........................................
NIP.
|
Blitar,
....................................
Guru
Mata Pelajaran
............................................
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar